Pages

Perjalanan Ke Timur Indonesia

“Pa, gw mau ke Ambon.” Gw mengawali percakapan dengan bokap malam itu setelah makan malam di ruang belakang tempat tipi menyala tanpa ada yg menonton.
“Kapan? N ngapain kamu kesana? Nyelem?” jawab bokap tanpa ngelepasin pandangannya dari handphonenya karena dia lagi asik pesbukan. (-__-!)
“Maen aja, kelayapan, nyelem & menyelamatkan ikan-ikan yg tenggelam disana. 

Minggu depan gw berangkat.”
“Jauh amat ke Ambon? Yaudah hati-hati, sama siapa?” bokap nanya masih sambil pesbukan.
“Nyicip laut timurlah pa, sama-sama asin gak rasanya. Hehehe... sendiri lah ke sana, ada temen yg orang sana sih” kata gw cengar-cengir
Masih pegang handphone, mata natap gw tajam, seakan mau menghipnotis dan bilang “tatap mata papa.. dalam hitungan ke 10 pake bilangan prima kamu akan tertidur” haish.. bokap cuma bilang, “Sendirian?? Brani? Ambon itu jauh loh?”
masih takjub dengan tatapan bokap yg akhirnya lepas dari hapenya, dan hapenya lepas dari tangannya – hapenya di tarok di meja. “Yaps, jauh. 3 jam dari Jakarta naik pesawat, n beda waktu 2 jam dari sini, trus itu Indonesia Timur”  gw jelaskan sambil cengar-cengir.
Bokap: (---_____---!) papa juga tau itu...............
Gw: “nah karena papa udah tau, jadi anterin gw rabu pagi, jam 6 ke bandara, dududu” kemudian gw melengos ke ruang komputer buat maen game.

Hari Minggu, lusa setelah percakapan tempo hari, gw mengingatkan lagi ke bokap. “Pa, gw jadi nih brangkat ke Ambon”
“Oh kapan? Papa juga mau pulang kampung besok sama mama?” Bokap santai banget ngomongnya kemudian gw heran.
“Lah?? Kok gitu... trus yg anterin gw nanti siapa? Kan gw udah bilang dari lama, Rabu gw brangkat” kata gw terisak-isak manja garuk2 papannya Betmen
“Oh itu, yaudah minta anter Pino (kakak kedua gw) aja” Sarannya santai yg bikin gak nyantai
Gw: “Barang gw banyak pa, masa pake motor (--_--!)” ide bokap emang kadang2 brilian banget
Bokap:”Oh yaudah minta anter Pane (Kakak pertama gw)”
Gw: “Dia kan kerja, tar terlambat, haduuuh... kok papa colong start duluan sih... *nangis meraung2 sambil cakar-cakaran sama Betmen*”
Bokap cuma ketawa, nyengir bahagia diatas penderitaan anak bungsunya yg lagi brantem sama kucing murtadnya.
Dan akhirnya gw minta kakak pertama gw untuk anterin gw berangkat ke Bandara. Jadi subuh itu dia dateng ke Rumah, ngejemput gw dengan barang gw yg ‘dikit’, terdiri dari; ransel, tas peralatan tempur, slempang, dan kantong sogokan alias oleh2 buat para nyong ambon yg bakal menampung gw nanti.
Setelah pamitan sama kakak kedua gw pun terbang naik awan kinton, oke ngarep banget gw bisa naik awan kuningnya goku itu, walopun kenyataan itu pait, gw cuma bisa naik burung besi eh salah, singa terbang. Dan akhirnya sampai gw di Jakarta
Sempat ada kendala saat di bandara Soeta. Tapi semua aman. Esok subuhnya gw pun sampai di ambon, dengan mata masih kaget gara-gara ditonjok cahaya jingga surya pagi langit timur, dimana memang seharusnya mereka bangun dari tidurnya.
Well, Ambon, Watch Out, Penyu dari Lampung siap ‘Lupa Daratan’. *penyu (penyelam unyu –red).
Gw pun setelah menyelam di hari pertama, lanjut ke perjalanan ke Pantai Air Belanda – Ora, di Pulau Seram esok harinya. Tiga hari gw tanpa sinyal.
Yeaaah,, bagi gw liburan paling menyenangkan adalah liburan tanpa sinyal.
BEBAAAAS MERDEKA!!!
Kemudian, banyak pesan masuk, saat gw sudah berada dikawasan yg sudah ada sinyalnya.
Banyak pesan yg masuk, salah satunya dari kakak2 gw. Trus Salah duanya dari bokap gw. kalo Salatiga itu nama daerah. Okeh abaikan..
Kakak kedua nanya, gw dimana, nginep dimana, sampe kapan gw bakalan nyasar di ambon, n dia bilang ortu nanyain gw, cepet hubungi mereka.
Kakak pertama cuma bilang dan ngasih gw PR, “gy, bawain gw parang Pattimura sama minyak kayu putih”, yg langsung gw bengong, dimana gw harus cari tuh golok (--___--)
Kemudian setelah mengabaikan pesan kakak pertama tentang parang Pattimura, gw pun menelpon bokap.
“Ya, Pa, ada apa?” kata gw setelah terdengar ‘halo’ dari bokap.
“Kamu dimana? Kok gak bisa dihubungin?”
Gw bingung, kayanya gw udah bilang gw kemana, dan bilang juga gw di Ora, serta sinyalnya susah. Kemudian gw berpikir, apa gw ngomongnya dalem mimpinya? Kok bokap sampe gak tau anaknya yg paling kece ini ada dimana. Akhirnya gw tanya balik, “di Ambon pa, kan kan..udah bilang...?”
“kapan kamu kesananya? Jauh amat nak”
“Lah?? Kan udah bilang berapa kali pa, astaga... papa lupa? Hahahaa.. gw di Ambon pa, udah sampe, kemaren abis main ke Ora, n gak ada sinyal, kan dah dibilang kalo sinyal susah di sana. Hahahaha” sumpah gw ngakak, cz kelakuan bokap yg tumben2an lupa
“hehehe, iya Papa lupa, kirain cuma sehari..yaudah, hati2 kamu disana, di tempat teman kan? Nyelem di sana? Bagus?
Sehari??? Dikira bokap Lampung – Ambon tuh kaya laut di lampung kali ya deket (--_--)
“Iya pa, bagus banget. Papa juga hati2, salam buat keluarga di kampung”

Telp pun selesai, dan gw melanjutkan perjalanan ‘Lupa daratan’ Lagi di Laut-laut Ambon, bareng para Buddy yg siap menyelamatkan ikan tenggelam bareng. J


*Video Part 1 perjalanan gw di Ambon bisa cek di sini


0 komentar:

Posting Komentar