Pages

Waspada Uang Palsu

Good malam Selamat Night..
kali ini gw akan membagi2kan tips tentang cara membedakan uang asli dengan uang palsu..
Tenang.. kali ini tip yang gw berikan itu beneran serius kok ('́⌣'̀)


Mungkin bagi kebanyakan kalian tidak sadar akan uang palsu yg semakin hari semakin banyak beredar. yang mungkin salah satu penyebab beredarnya uang palsu itu karena nilai mata uang yg semakin meningkat, kebutuhan bertambah banyak, sedangkan pemasukan kurang seimbang. Ataupun karena pengedar uang palsu itu emang orang pintar yg pernah kerja dipercetakan, dan gda kerjaan laen selaen nyetak uang palsu.

Gw pun pernah sempet nerima uang palsu itu, saat lagi bantuin kasir di tempat gw kerja bareng dia, -namanya juga dbagian keuangan, pasti gx jauh2 dari uang -- ngitung uang setoran, tapi untungnya kita cepet tanggap & langsung minta tuker lagi.
uang palsu memang sudah banyak beredar, terutama untuk bernilai besar seperti Rp. 50.000 dan 100.000.
BI pun kadang susah mensiasatinya, tapi akhir2 ini mereka mengeluarkan uang2 baru yg menekan terjadinyauang palsu, dh tanda untuk tuna netra (segitga untuk pecahan 50 ribu, dan lingkaran untuk pecahan 100 ribu)
 waspada ya.. ('́⌣'̀)

ada beberapa cara untuk ngebedain uang palsu dg yg asli:
1. Seperti yang pemerintah sudah anjurkan, uang palsu bisa dibedakan dg cara 3D (dilihat, diraba & diterawang). Pembuat uang palsu sekarang sudah makin mahir, bahkan tips itu mungkin sudah tidak ampuh lagi, *kecuali uang palsu itu keluaran tahun 90-an.

2. Gunakan sinar UV, saat disinari sinar UV pada uang 50-ribuan pada sisi yg ada nomor seri-nya akan ada gambar seperti org menari berwana hijau, angka 50000 jelas, sedangkan sibaliknya, pada pinggiran uang menyala, dan nomor serial pasti menyala, untuk uang 100-ribuan hanya satu sisi yg ada nomor serial-nya yg bisa dilihat, ada gambar merah seperti ikan (anggep aja ikan), angka 100000 ditengah uang, dan nomor serial yg menyala.

3. Gunakan air, karena tinta pada uang asli tidak akan luntur walaupun terkena air.
yang bawah warna birunya luntur

4. Seperti yg sudah diterangkan dlm tips pertama, diraba, permukaan uang asli pasti kasar, dan angka2 pada serial nomor pasti terasa timbul.

5. Lihat benang pada uang, pada benang itu pasti ada angka2 yg menunjukan jumlah uang.

6. Pada sudut kanan bawah uang (dibalik nomor seri) ada gambar berbentuk persegi kecil yg mengandung logam, coba di goyang2kan, apabila warnanya berubah (dari merah ke hijau/emas) maka uang itu asli, * lihat gambar dibawah.

7. Coba diremas, apabila itu uang asli yg dikeluarkan oleh Bank Indonesia, maka saat diletakan setelah diremas, uang itu akan cepat bergerak kembali, jika tidak itu paslu.

8. Pada uang asli, yang terpenting itu adalah nomor seri tiap sudut harus sama nominalnya. dan apabila uang itu robek pada bagian nomor seri, lebih baik jangan diterima. karena bank akan menolak.

9. seburuk2-nya uang asli yg bahkan sudah digigit tikus pingirannya, asalkan nomor seri masih utuh, uang itu masih laku.

10. Terakhir, coba sentil uang yg kalian dapat. jika pecinya copot, or kacamatanya jatoh,, itu palsu..halah

Tambahan contoh2 uang palsu, nah kalo kalian ada yg nemu seperti ini lebih baik jangan diterima. oke..!!





 (‾⌣‾"٥)

Waspada uang palsu ya
(◦'ںˉ◦)v #wink

0 komentar:

Posting Komentar